Pemandian Tirta Empul


Pulau Bali berjuluk Pulau Dewata, sudah dikenal mendunia, terutama di bidang pariwisata. Terlebih berbagai warisan budaya di Pulau Bali, sampai sekarang masih kokok bertahan. Warga Bali, juga tak malu mempertahankan tradisi leluhur mereka meski arus globalisasi terus menggempur.


Salah satu warisan budaya yang masih ada sampai sekarang di pulau seluas 5.634 km2 ini, adalah Pura Tirta Empul, di desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, kabupaten Gianyar Bali. Pura Tirta Empul terletak tepat di bawah Istana Tampak Siring, yang dibangun oleh Presiden I, Soekarno pada tahun 1957.

Sampai saat ini, Pura Tirta Empul menjadi salah satu primadona para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali. Tidak kurang dari 4000 – 5000 wisatawan mengunjungi Pura yang berdiri sejak tahun 225 Masehi ini.

Sejarah Tirta Empul


Bercerita tentang Pura Tirta Empul, tak lengkap bila tidak mengetahui sejarahnya. Menurut catatan yang ada, nama Tampaksiring dalam, bahasa Bali berarti tampak dan miring. Makna dari kedua kata itu, terkait dengan cerita legenda tapak kaki seorang raja yang bernama Mayadenawa.

Menurut cerita yang tertulis di lontar “Mayadanawantaka”. Raja Mayadenawa, merupakan putra Bhagawan Kasyapa dan Dewi Danu. Mayadenawa, adalah raja yang pandai, sakti namun memiliki sifat durjana, yakni sifat berhasrat menguasai dunia dan mabuk akan kekuasaan. Ia juga mengklaim sebagai Dewa dan mengharuskan rakyat untuk menyembahnya.

Dalam mitos yang berkembang, akibat tabiat buruknya, Batara Indra marah dan menyerbunya melalui bala tentara yang dikirim. Karena terdesak, Mayadenawa melarikan diri ke hutan dan berupaya mengecoh pasukan Batara Indra engan memiringkan telapak kakinya saat melangkah. Konon dengan kesaktian yang dimilikinya, ia bisa berubah-ubah wujud atau rupa.

Mayadenawa juga menciptakan mata air beracun, untuk membinasakan pasukan Batara Indra. Menghadapi trik Mayadenawa, Batara Indra pun tak mau kalah dan menciptakan mata air penawar racun. Air penawar itulah yang kemudian menyelamatkan nyawa pasukan Batara Indra hingga kemudian berhasil menangkap Mayadenawa.

Air penawar itulah yang kini disebut Tirta Empul (air suci). Sedangkan kawasan hutan yang dilewati Mayadenawa — dengan berjalan memiringkan telapak kakinya — dikenal dengan sebutan Tampaksiring.

Versi lain, seperti yang ditulis Ketut Soebandi, dalam buku “Sejarah Pembangunan Pura-Pura di Bali” menyebutkan, Permandian Tirta Empul dibangun pada zaman pemerintahan Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa. Salah satu buktinya adalah piagam batu di desa Manukaya yang memuat tulisan permandian Tirta Empul dibangun pada Sasih Kapat tahun Icaka 884, atau sekitar Oktober tahun 962 Masehi.

DIsebutkan juga kalau Pura Tirta Empul dibangun pada zaman pemerintahan Raja Masula Masuli. Hal ini dapat diketahui dari bunyi lontar Usana Bali. Isi dari lontar itu: [ “Tatkala itu senang hatinya orang Bali semua, dipimpin oleh Baginda Raja Masula Masuli, dan rakyat seluruhnya merasa gembira, semua rakyat sama-sama mengeluarkan padas, serta bahan bangunan lainnya, seperti dari Blahbatuh, Pejeng, Tampaksiring” ].

Dalam Prasasti Sading disebutkan, Raja Masula Masuli bertahta di Bali mulai tahun Saka 1100 atau tahun 1178 M, yang memerintah selama 77 tahun. Berarti ada perbedaan waktu sekitar 216 tahun antara pembangunan permandian Tirta Empul dengan pembangunan puranya.

Mitos Tirta Empul


Seperti pura pada umumnya, Pura Tirta Empul terdiri dari tiga bagian. Yakni Jaba Pura (Halaman Muka), Jaba Tengah (Halaman Tengah), dan Jeroan (Halaman Dalam). Pada Jaba Tengah terdapat dua kolam persegi panjang yang memiliki 33 buah pancuran, berderet dari Timur ke Barat menghadap ke Selatan. Masing – masing pancuran itu menurut tradisi mempunyai nama tersendiri diantaranya pancuran Pengelukatan, Pebersihan, Sudamala, dan Pancuran Cetik (Racun).

Pancuran Cetik dan nama Tirta Empul terkait erat dengan mitologi pertempuran Mayadenawa Raja Batu Anyar (Bedahulu) dengan Bhatara Indra. Air suci inilah yang digunakan untuk memerciki para Dewa sehingga tak lama kemudian mereka bisa hidup lagi seperti sedia kala.

Secara etimologi, Tirta Empul berarti air suci yang menyembul keluar dari tanah. Air tersebut kemudian mengalir ke sungai Pakerisan. Sumber air ini kerap digunakan untuk Upacara Melukat oleh ribuan penduduk Bali dengan makna sebagai perlambang pembersihan manusia dari berbagai hal-hal negatif.

Air suci yang mengalir di 33 pancuran tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Namun, secara umum, air suci tersebut, seringkali digunakan untuk membuang sengkala (keburukan), soal jodoh, rejeki dan mengusir roh jahat dari dalam tubuh manusia. Ada aturan tertentu untuk pengunjung yang melakukan ritual di pemandian Tirta Empul. Diantaranya, tidak dalam kondisi menstruasi atau datang bulan (untuk perempuan), kondisi jiwa yang baik, serta memberikan sesaji untuk penguasa alam atau Tuhan.

Sebelum melakukan ritual di pemandian Tirta Empul, pengunjung harus melakukan doa terlebih dahulu. Tujuan doa adalah mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya dan memohon restu agar dikabulkan oleh Tuhan. Pengunjung yang melakukan ritual di pemandian Tirta Empul, tidak hanya umat Hindu atau masyarakat Bali saja. Banyak diantara mereka yang berasal dari luar Bali, seperti Sumatera, Jawa Barat, Jakarta hingga Kalimantan. Biasanya mereka akan kembali ke Pemandian Tirta Empul, setelah permohonannya dikabulkan oleh Tuhan.

5 Tanda Pernikahan Bahagia



Sebuah hubungan bisa saja hancur dengan mudahnya, namun sangat sulit untuk mempertahankannya. Pernikahan dibangun atas cinta, kepercayaan dan respek satu sama lain. Jika salah satunya hilang, maka pernikahan bisa hancur. Pernikahan yang sukses OS tidak mudah untuk membangun. Sebuah pernikahan yang bahagia menunjukkan bahwa Anda telah berhasil membangun sebuah hubungan. Berikut adalah 5 tanda-tanda pernikahan yang bahagia:

1. Mampu menekan ego
Ketika pasangan yang sudah menikah lalu mampu menekan ego masing-masing, tandanya pernikahan itu bahagia. Tak sedikit pernikahan kandas di tegah jalan akibat tingginya ego pasangan. Saling mengakui jika mempunyai kesalahan dan meminta maaf atau memaafkan kesalahan pasangan merupakan hal sederhana . Namun dampaknya besar terhadap keharmonisan rumah tangga Anda.

2. Mendukung secara total
Pasangan yang bahagia akan saling mendukung satu sama lain. Mereka saling membantu dan mendukung mulai dari hal kecil hingga besar. Serta tidak pernah meninggalkan pasangan, terutama jika berada dalam kondisi sulit.

3. Tidak ada tanda-tanda dominasi
Apakah Anda bahagia jika memiliki pasangan yang terlalu mengatur? Sebuah pernikahan yang di dalamnya tidak memiliki rasa takut, tertekan dan perasaan terancam oleh dominasi pasangan merupakan tanda pernikahan yang bahagia.

4. Kehidupan seksual yang sehat
Indikasi lain dari pasangan yang bahagia adalah dari kehidupan seksualnya. Kehidupan seksual yang sehat akan berdampak pada hubungan rumah tangga. Sebaliknya, pernikahan yang kerap menghadapi masalah seksual biasanya kurang bahagia.

5. Anak-anak senang
Jika Anda ingin melihat hasil dari sebuah pernikahan, lihatlah pada anak-anak. Apakah mereka senang? Anak yang melihat orang tua mereka berkelahi atau berselisih memiliki sikap yang rendah diri. Entah mereka terlalu pendiam atau pemalu atau menampilkan perilaku agresif, terutama dengan teman-teman sepermainan. Jika anak-anak terbuka untuk berbagi, merasa senang berada di sekitar orang tua, maka pernikahan tersebut bahagia.

Bagaimana dengan Anda? Apakah tanda-tanda di atas sudah dirasakan dalam kehidupan rumah tangga Anda?
Semoga selalu diberkahi kelimpahan rizki dan kesehatan,..amin amin amin

Jarak Dan Waktu



jarak memang tak berhati
begitu pula waktu yang tak punya rasa
saat kita mengaduh kesakitan mereka tak mendengar, karena mereka memang tuli
saat air mata jatuh, pun mereka tak peduli
tak mampu tuk membelai ataupun menyekanya

lalu apakah harus mereka disalahkan?
ah, jarak dan waktu adalah ujian cinta

waktu menjadi pendengar setia segala keluh kesah
jarak merangkainya dalam sebuag kisah
dalam kisah ada aku yg pasrah menjadi bagian ceritanya yang indah

tak ada yang perlu disesali
semua telah menjadi bagian pilihan

aku dan kamu
menulis kisah dilembaran waktu dan merangkainya sepanjang jarak dituju

Bisu



setelah bunga layu
selain rindu apa yg lebih kelu
kecuali bunga yg layu di pinggiran dadamu


entah,,
kan kau beri nama aku apa
dedaunan gugur atau setangkup ilalang
lereng terjal atau batu hitam

luka tanpa nama
terbangun tak menemukan apa2
bahagia..
tinggal sedepa
terlelap ditengah tanda baca

maafkan aku..
tonggak kayu
yg diam membisu melihat keadaanmu

Mengapa Ridho Suami Itu Adalah Syurga Bagi Para Istri?



Suamimu dibesarkan oleh ibu yang mencintainya seumur hidup. Namun ketika dia dewasa, dia memilih mencintaimu yang bahkan belum tentu mencintainya seumur hidupmu, bahkan sering kala rasa cintanya padamu lebih besar daripada cintanya kepada ibunya sendiri.

Suamimu dibesarkan sebagai lelaki yang ditanggung nafkahnya oleh ayah dan ibunya hingga dia beranjak dewasa. Namun sebelum dia mampu membalasnya, dia telah bertekad menanggung nafkahmu, perempuan asing yang baru saja dikenalnya dan hanya terikat dengan akad nikah tanpa ikatan rahim seperti ayah dan ibunya.

Suamimu ridha menghabiskan waktunya untuk mencukupi kebutuhan anak2mu serta dirimu. Padahal dia tahu, di sisi Allah, engkau lebih harus di hormati tiga kali lebih besar oleh anak2mu dibandingkan dirinya. Namun tidak pernah sekalipun dia merasa iri, disebabkan dia mencintaimu dan berharap engkau memang mendapatkan yang lebih baik daripadanya di sisi Allah.

Suamimu berusaha menutupi masalahnya dihadapanmu dan berusaha menyelesaikannya sendiri. Sedangkan engkau terbiasa mengadukan masalahmu pada dia dengan harapan dia mampu memberi solusi. padahal bisa saja disaat engkau mengadu itu, dia sedang memiliki masalah yang lebih besar.Namun tetap saja masalahmu diutamakan dibandingkan masalah yang dihadapi sendiri.

Suamimu berusaha memahami bahasa diammu, bahasa tangisanmu. sedangkan engkau kadang hanya mampu memahami bahasa verbalnya saja. Itupun bila dia telah mengulanginya berkali-kali.

Bila engkau melakukan maksiat, maka dia akan ikut terseret ke neraka, karena dia ikut bertanggung jawab akan maksiatmu. Namun bila dia bermaksiat, kamu tidak akan pernah di tuntut ke neraka.Kerana apa yang dilakukan olehnya adalah hal2 yang harus dipertanggung jawabkannya sendiri...

Aku untukmu




3.15
dariku pemanah sepimu

cerita mu masah menghias otak ku
aku yang akan melunasi cinta mu yg hilang
cinta yg tak seharus'y
cinta yg di paksakan
cinta yg sempat hidup di tempat gersang

ini tubuh ku, ini jiwa ku
meski tak segagah prajurit perang
atas nama mu
cinta dan rindu ini ku berikan
pun tak apa, andai saja tak ada kembalian

aku
tak asing berkawan dgn derita

kecewa,,
sudah ku kebiri sejak pertama ku mengenal mu

andai sakit di dada ku ini tiba2 ada
mgkn karena terlalu banyak ku mengunyah cerita mu

 3'39
entah ini rayu
atau sekedar peluru kayu
tp,, ini suara hati dariku pemanah sepimu :*

Kurcaci Tua



seribu kali jatuh
seribu kali diam tanpa kelu
kurcaci tua
bersandar di pohon kaktus
gumam'y..
( andai ku tak memilih mjd tua, mungkin.. jejak laramu tak kau tinggal dmn2)
ini salah ku.. yg membiarkanmu mengikuti udara

kurcaci tua
mencari cinta di balik batu
berapa kali rembulan tak berlalu
tak perduli
terik pun tak ingin dikenali

dari jauh
sekelopok burung mulai gaduh
menghitung detik
gundah gulana takut kehilangan mangsa


merry....!!
hening hilang seketika
nama cinta
menggema semesta

Elegi Siperindu



smua sudah tertulis di dlm masa
tuk apa meremas dada

ini sudah mjd bagian ku
menerimamu dg segala kekuranganmu
ku ihklaskan diriku
tuk mencintaimu
menyayangimu.. smpai ujung usiaku

sesuatu..
tak kan ku pinta
yg berharga
kecuali hanya selembar cerita

kelak..
ku ingin anak2mu bangga
mengenang ku sbg seorang perindu
yg menyulam bekas luka dg rintik hujan
yg membangun istana'y dr sisa2 kertas buram

kelak..
saat anak2 mu menemukan cinta
ku ingin mereka bisa melihat mama'y

Yang Terjadi di dalam Tubuh Anda Saat Tertawa


Tertawa memang menyenangkan dan menyehatkan. Para peneliti telah membuktikan bahwa orang yang sering tertawa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada orang pemurung yang jarang tertawa.

Inilah-yang-Terjadi-di-Dalam-Tubuh-Saat-Tertawa

Tapi tahukah Anda apa yang terjadi dalam tubuh saat Anda tertawa lepas? Berikut fakta unik yang terjadi dalam tubuh saat tertawa, seperti dilansir NBC New.

1. Paru-paru
Diafragma dan otot dada mengalami kontraksi dan mengencang, mendorong udara keluar dari paru-paru yang menggetarkan pita suara dan menciptakan suara pendek khas orang tertawa.

2. Mata
Saat tertawa, kelenjar air mata akan mengeluarkan air sebagai akibat dari luapan emosi seseorang saat tertawa terbahak-bahak.

3. Jantung
Jantung akan memompa darah lebih kencang seiring meningkatnya suplai oksigen ke seluruh tubuh saat tertawa. Inilah yang menyebabkan jantung berdebar dan napas sedikit tersengal saat tertawa.

4. Otot
Otot wajah dan perut adalah dua otot yang kerap bekerja ekstra saat tertawa. Inilah sebabnya tertawa baik untuk mengencangkan kulit wajah, walau terkadang bisa membuat perut sedikit kaku akibat tertawa.

5. Sistem Hormonal
Tubuh memproduksi hormon endorphin saat tertawa. Hormon ini sering disebut sebagai obat pereda nyeri alami yang ada dalam tubuh manusia. Saat tertawa, seseorang akan lupa dengan rasa sakitnya karena tubuh mentoleransinya dengan hormon endorphin.

9 Fakta Unik Dari Si Bukit Kembar


Berikut ini beberapa fakta menarik seputar bukit kembar si anda.

Fakta Unik Dari Si Bukit Kembar

1. Ketika seorang wanita merasa bergairah, maka payudaranya akan membesar. Hmm, sepertinya Magic Mike menjadi film terbaik untuk ditonton sebelum kencan.

2. Bentuk payudara kiri Anda biasanya lebih besar dari yang kanan. Walau belum jelas apa alasannya, tapi satu teori menyatakan kalau hal itu dikarenakan bagian tubuh sebelah kiri lebih aktif merespon kadar estrogen yang tinggi.

3. Cahaya matahari pagi sangat dianjurkan untuk kesehatan payudara Anda. Why? Karena kurangnya asupan vitamin D berpotensi mengakibatkan kanker payudara. So, every morning, go find a private spot, dear...

4. Buang jauh-jauh rasa stres Anda, karena menurut studi terkini, payudara akan mengendur jika Anda mengalami kadar kecemasan tingkat tinggi, namun jika Anda optimis? Helloo, sexy boobs!

5. Beberapa wanita bisa mencapai orgasme hanya melalui aksi foreplay di sekitar putingnya. Wanna try? Coba minta si dia untuk menstimulasi puting Anda dengan membentuk lingkaran kecil di sekitar puting dengan jari atau menghisapnya lembut namun dalam durasi yang cukup lama.

6. Payudara Anda memiliki siklus bulanannya tersendiri: Setelah masa menstruasi, payudara akan terasa mulus; pertengahan siklus, puting Anda akan terasa sensitif; dan pada minggu sebelum dan selama menstruasi, akan terasa tidak rata dan perih.

7. Inovasi terus dilakukan dalam menciptakan material terbaik untuk breast implants, beberapa di antaranya:
gading, karet, poliester, dan tulang rawan lembu jantan. Yang terbaik? We prefers the natural kind.

8. Weird but true: pria ternyata bisa menyusui juga lho! Yup, hal ini dikarenakan mereka juga memiliki kelenjar susu di dalam tubuh.

9. Payudara ternyata ada 'T-zone' juga: area di atas dan di antara bukit kembar Anda terdapat kelenjar minyak, sehingga membuatnya rentan terkena jerawat. That's why, setelah berolahraga rajinlah membersihkan area itu dengan tisu antibakteri.

.Gempa Bumi Ubah Air Menjadi Emas


Gempa bumi memiliki sentuhan Midas. Aliran air yang menguap selama gempa bumi telah mengendapkan emas, demikian menurut model yang diterbitkan dalam jurnal “Nature Geoscience” edisi 17 Maret. Model itu memperlihatkan mekanisme kuantitatif terkait hubungan antara emas dan kuarsa yang terlihat di banyak endapan emas di dunia, kata Dion Weatherley, ahli geofisika dari University of Queensland di Australia dan penulis utama penelitian tersebut.

Cara gempa bumi mengubah air jadi emas

Ketika gempa bumi terjadi, kejadian itu menggerakkan pecahan di tanah — fraktur yang disebut sesar atau fault. Sesar yang besar dapat menyebabkan fraktur-fraktur kecil di sepanjang pergeseran tersebut, dihubungkan dengan singgungan yang muncul sebagai celah persegi. Air sering melumasi retakan, memenuhi fraktur dan singgungan. Sekitar 10 kilometer di bawah permukaan laut, di bawah suhu dan tekanan yang luar biasa, air membawa karbondioksida, silika dan elemen ekonomis menarik seperti emas yang berkonsentrasi tinggi.

Guncangan, getaran, dan emas
Selama gempa bumi, retakan tiba-tiba terbuka lebar. Seperti mengambil tutup panci dari alat memasak nasi: Air di dalam celah tersebut langsung menguap, dan mengubahnya menjadi uap dan memaksa silika, yang membentuk kuarsa mineral, dan emas keluar dalam bentuk cairan dan menuju ke permukaan di dekatnya, kata Weatherley dan rekan penulis Richard Henley, dari Australian National University di Canberra.

Meski para ilmuwan telah lama menduga bahwa penurunan tekanan tiba-tiba dapat menjelaskan hubungan antara endapan emas raksasa dan sesar kuno, penelitian itu mengadaptasi ide tersebut menjadi lebih ekstrem, kata Jamie Wilkinson, ahli geokimia di Imperial College London di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian itu.

"Bagi saya, tampaknya cukup masuk akal. Itu adalah sesuatu yang orang-orang ingin jadikan sebagai model, baik secara eksperimental maupun numerik," ujar Wilkinson kepada OurAmazingPlanet.

Sebelumnya, para ilmuwan menduga cairan akan membuih, menggelegak seperti botol soda yang dibuka, selama gempa bumi atau perubahan tekanan lainnya. Peristiwa itu akan memenuhi kantong-kantong bawah tanah dengan emas. Peneliti lainnya mengatakan, mineral hanya akan menumpuk perlahan-lahan seiring berjalannya waktu.

Weatherley mengungkapkan jumlah emas yang tertinggal setelah gempa bumi sangatlah kecil, karena cairan bawah tanah paling banyak hanya membawa satu bagian per satu juta dari elemen berharga itu. Tapi zona gempa seperti Alpine Fault Selandia Baru, salah satu yang tercepat di dunia, bisa membangun endapan emas yang bisa ditambang dalam 100 ribu tahun, katanya.

Anehnya, kuarsa bahkan tidak punya waktu untuk mengkristal, menurut indikasi penelitian itu. Sebaliknya, mineral keluar dari cairan dalam bentuk nanopartikel, bahkan mungkin membuat zat seperti gel di dinding fraktur. Nanopartikel kuarsa kemudian mengkristal dari waktu ke waktu. Bahkan gempa bumi berkekuatan lebih kecil dari 4,0 SR, yang mengakibatkan getaran namun jarang menyebabkan kerusakan, dapat memicu penguapan seketika, menurut temuan penelitian itu.

Bukit-bukit tersebut memiliki emas
Kuarsa yang dihubungkan dengam emas terhubung dengan beberapa endapan terkenal, seperti serpihan emas yang menimbulkan penyerbuan emas pada abad ke-19 di California dan Klondike. Kedua endapan terkikis dari hulu urat kuarsa. Endapan emas itu terdiri dari partikel, serpihan, dan gumpalan yang bercampur dengan pasir dan kerikil di aliran dan dasar sungai. Para penambang menelusuri kerikil tersebut ke sumbernya, di sanalah pertambangan batuan keras berlanjut hingga hari ini.

Namun, gempa bumi bukanlah satu-satunya kejadian alam yang bisa menjadi sumber emas. Gunung berapi dan aliran bawah tanahnya juga produktif, atau bahkan lebih produktif, untuk menghasilkan logam mulia. Sementara Weatherley dan Henley menyatakan bahwa proses yang sama bisa berlangsung di bawah gunung berapi, Wilkinson, yang mempelajari gunung berapi yang terhubung dengan emas, mengatakan itu tidak terbukti.

"Di bawah gunung berapi, sebagian besar emas tidak diendapkan dalam sesar yang aktif selama gempa bumi, Itu merupakan mekanisme yang sangat berbeda." kata Wilkinson.

Memahami bagaimana pembentukan emas membantu perusahaan untuk menentukan lokasi pertambangan baru. "Pengetahuan terbaru pada mekanisme pembentukan endapan emas, bisa membantu upaya eksplorasi emas di masa depan," kata Weatherley.

Kisah Wanita yang Menikahi Lima Pria


Satu pria memiliki banyak istri mungkin sudah biasa, tapi jika sebaliknya, akan menjadi berita besar.

Di desa Dehradun, India utara, poliandri bukanlah hal aneh. Adat di sana justru mengharuskan para wanita menikah dengan pria, sekaligus semua saudara kandungnya. Itulah yang terjadi pada wanita 21 tahun bernama Rajo Verma.

Secara resmi, Rajo bersuamikan Guddu. Mereka menikah secara agama Hindu. Setelah itu, Rajo juga menikahi empat saudara laki-laki Guddu yakni Baiju (32), Sant Ram (28) Gopal (26), dan Dinesh (19).


"Kami semua berhubungan seks dengannya [Rajo], tapi tak pernah merasa cemburu, kami keluarga besar yang bahagia," ujar Guddu si suami pertama, seperti dikutip dari DailyMail.

Rajo pun tampaknya tak keberatan dengan adat yang berlaku. Dulu ibunya juga melakukan hal yang sama, yaitu menikahi tiga pria yang bersaudara.

"Awalnya mungkin aneh. Tapi aku menyayangi mereka semua," ujar Rajo.

Tradisi Hindu kuno memang mengajarkan praktik poliandri. Salah satu cerita paling populer adalah kisah Drupadi yang menikahi Pandawa bersaudara. Walau kini poliandri telah jarang tapi masih terjadi di beberapa daerah, hal. Para pelaku poliandri percaya, mereka dapat mempertahankan tanah keluarga jika terus melestarikan adat tersebut.

Kembali ke Rajo, kini wanita muda itu telah memiliki satu putra yang bernama Jay. Sayangnya ia sendiri tak tahu siapa ayah kandung dari para putranya. Rajo mengungkap, ia bercinta dengan kelima suaminya secara bergiliran setiap hari di atas lantai hanya dengan beralaskan selimut.


Lagi-lagi, tampaknya hal tersebut bukan masalah baginya. "Aku merasa lebih dicintai ketimbang istri-istri lain pada umumnya," ujar Rajo lagi.

Titik Rangsang Pada Wanita

Daerah Sensitif Wanita


Mungkin diantara Anda masih ada yang belum tahu dimana ya kira-kira titik sensitif pada wanita agar dia teransang dengan cepat ? dimanakah titik lemah pada wanita ? Jika kita berhasil menemukan titik sensitif wanita yang mudah untuk diransang, maka dapat dijamin cara tersebut akan menjadi idaman bagi dirinya dan wajib anda lakukan setiap kali akan bercinta.

Pada umumnya wanita dalam berhubungan seks, sangat menyukai foreplay, jadi tidak langsung buru-buru dan tancap gas, tidak sampai 5 menit selesai. Setiap wanita untuk mencapai orgasme,membutuhkan waktu lama, tapi dengan foreplay, tentunya akan semakin membuat wanita merasa penasaran dan seksnya makin membara. Jika anda menemukan titik sensitif wanita pasangan anda tentunya permainan akan semakin hot, sehingga wanita akan mendapatkan hubungan intim yang lebih dia sukai dan cepat mencapai klimaks.

Berikut titik-titik rangsangan sensitif wanita :

1. Rambut
Wanita akan menyukai jika dibelai rambutnya dan akan merasa disayang. Dengan membelai rambutnya akan merasa lebih romantis dan membuat wanita lebih terangsang. Arahkan jari anda dengan memulai dari kening sampai bagian tengkuk, wanita akan merasa geli keenakan karena rangsangan dari belaian tangan anda.

2. Telinga
Rangsanglah daun telinga pasangan anda dengan memberikan hembusan kecil dan cium dengan bibir anda seraya berikan gigitan kecil yang menggoda.

3. Bagian Belakang Leher
Bagian belakang leher wanita merupakan daerah sensitif dan wanita akan menyukai jika pasangannya menelusuri dengan jemari tangannya dan memberikan ciuman dan hembusan nafas lembut.

4. Punggung
Wanita akan merasa nafasnya berdegup tak karuan apabila anda menjilatinya seraya memberikan rangsangan dengan ciuman panas.

5. Belakang Lutut
Bagian belakang lutut juga daerah yang sensitif yang harus anda jelajahi, gerayangi bagian belakang lutut wanita anda, karena daerah itulah yang membuatnya merasa senang untuk dirangsang.

6. Pusar
Wanita akan merasa geli karena merasa keenakan apabila anda mencium dan menjilati daerah pusarnya, hal itu akan membuat tangan wanita akan memegang rambut anda karena merasa nikmatnya rangsangan.

7. Bagian Paha
Telusuri dengan tangan anda lalu berikan ciuman, dan jilatin bagian dalam pahanya, hal membuat wanita merasakan kenikmatan yang mendalam karena datangnya rangsangan dari anda.

8. Payudara
Payudara merupakan daerah yang sangat sensitif pada wanita, buatlah rangsangan dengan cara halus yaitu meremas, mengulir putingnya dan hisap dengan mulut pada bagian putingnya.

Cara Cepat Membuat Wanita Terangsang

Cara Cepat Bikin Wanita Terangsang


Jika pasangan pria telalu cepat mencapai puncak ketika sedang berhubungan seks, sepertinya pria perlu mengasah sedikit keterampilan. Pria perlu mempelajari beberapa trik untuk membuat wanita Anda mengerang dalam kesenangan hanya dalam waktu singkat.

Seperti dilansir Times of India, Sabtu (12/1/2013) ada beberapa trik yang harus dipelajari pria untuk membuat pasangan wanitanya mengerang dengan penuh kesenangan hanya dalam waktu singkat:

1. Belailah bagian yang seksi
 Otot PC (otot pubococcygeal) seorang wanita adalah salah satu daerah yang paling sensitif. Jika dia mengepalkan dan mengangkat bahunya, berirama, sementara Anda sibuk di tempat lain, dia akan mendekati puncak kenikmatan seksnya.

2. Mission possible
Bantal berguna sepanjang waktu. Tempatkan satu bantal di bawah pinggulnya sehingga pinggulnya juga naik.
Ini akan memberikan Anda lebih banyak ruang untuk menyentuh daerah erotis dirinya dengan baik dan dia akan menikmati sentuhan.

3. Menggodanya
 Jadilah lambat dan dilakukan secara bertahap. Itulah trik sambil menyodorkan anggota Anda dalam dirinya. Cium secara perlambat dirinya dan buat dia semakin dekat dengan Anda. Dan tentunya sangat dekat dengan 'Big O'

4. Rayuan emosional
 Nyalakan beberapa lilin dan pasanglah beberapa helai kain satin cantik dan mainkan musik lembut. Bicaralah mengenai keseksiannya. Katakan padanya apa yang Anda rencanakan untuk melakukan itu dan bagaimana caranya. Isi pembicaraan Anda akan merangsang indra yang paling sensitif. Rayuan emosi Anda akan membuat dia senang terhadap apa yang Anda lakukan.

5. Sentuhan erotis
 Akan ada kesenangan tepat pada wanita Anda bahwa dia ingin Anda menyentuh dan merasa lebih daripada yang lain. Temukan titik-titik denyut nadi. Dia akan merasa begitu santai dirangsang bahwa mencapai puncaknya tidak akan menjadi masalah sama sekali.

6. Jadilah sensitif
 Memahami erangan apakah wanita Anda senang atau justru merasakan sakit. Dapatkan informasi dari dia untuk memberitahu Anda tempat kesenangan dan melakukan apa yang dia rasakan. Dia akan mencintai Anda lebih banyak lagi.

Sebuah Akhir


pada mu
penyayat jiwa
ku tinggalkan ini tuk mu
sesuatu.. bingkisan warna kelam
hati yg kusus kau jadikan lebam

di pintu malam
desir angin merayu pulang
ia yg mencoba bertandang
si pemulung luka..
merayu bisu kehabisan kata

ku ingin sendiri..
berdiri retak
menghitung perih yg beranak pinak
menunggu sesal yg masih berjatuhan
di sini..

di secarik kertas kusam

Lelah



ku kembalikan ini
anak cucumu
sekantung air mata
yg ku peras dr kepala hingga dlm dada

jangan tanya..
untuk apa
jangan tanya
kesetian ini tuk siapa

kau yg membuat semua'y
bunga sepatu yg dulu pemalu
tak lagi merah muda atau pun jingga

walau langit merayu pilu
kesetian itu tak mungkin berulang
walau bibirmu ingin berpulang
pipiku sudah terlanjur pucat
untuk mu..
sudah tak ada lg tempat

Bayang mu



tak cukup waktu
ku menghitung pilu
menunggumu..
diberanda kayu

jarum jam
bersenandung lagu
menghibur gaun kusam dalam kesendirian


kau..
terjebak dibotol kaca
ku peluk erat mulai dari senja

benar kata hujan
lewat rintik'y engkau akan datang
benar ucap sang bayu
malam ini kau kan merayu

dan berkali2..
aku menciummu
ku pejam mata, wangi mu mulai terasa
ini parfum mu, benda satu2'y yg masih tertinggal

Legenda Setan Kober


Pada masa Brawijaya 1 sampai turun ke 4 tahta selanjutnya, tatkala sir wingit telah merasuki tubuh makhluk hidup dan keseimbangan bathin sudah diambang keumuman, saat itulah kesaktian bentuk ilmu bagian dari kehidupan manusia hingga suatu keterbatasan tidak lagi menjadi penghalang. Terciptalah zaman di mana manusia dan makhluk tak kasat mata saling berkomunikasi secara bebas. Wahyu ning zaman para Dewa, menjadikan masa kala itu disebut kejawen jawi, yang mengedepankan makna keluhuran bagi umat manusia.

Perjalanan pulau Jawa, sejak zaman sanghiyang Bangau (sebelum masa WaliSongo) seluruh peradaban manusia pada masa itu terbagi menjadi tiga golongan, Manusia, Lelembut, dan Siluman dari bangsa seleman. Dari seluruh golongan ini akhirnya terpecah menjadi dua bagian yaitu, aliran putih dan hitam. Kisah terbaginya golongan ini pada akhirnya mendatangkan peperangan hingga turun sampai ke zaman di mana WaliSongo, dilahirkan.

Tersebutlah nama dari sekian banyaknya para tokoh sakti beraliran hitam kala itu "Setan Kober" sosok setengah siluman yang banyak membawa risalah pertumpahan darah bagi seluruh umat manusia. Setan Kober, nama yang sangat melegendaris bagi seluruh aliran hitam sejak kerajaan Majapahit pertama didirikan. Bercerita tentang ilmu kesaktian, beliau belum pernah terkalahkan oleh siapapun juga pada masa kejayaannya, Setan Kober, telah menunjukkan pada dunia bahwa dirinya pernah menjabat sebagai guru besar tujuh aliran sekaligus selama 473 tahun lamanya. Di antara tujuh aliran yang dimaksud adalah, bangsa manusia, lelembut dari alam laut, bangsa jin segala penjuru alam, bangsa togog dari zaman purwacarita, bangsa siluman seleman, bangsa perkayang bumi lapis tiga dan bangsa ngahyang.

Asal usul Setan Kober, terlahir dari seorang Banaspati agung di zaman purwacarita sepuluh bernama, Raja Lautan, berasal dari keturunan siluman selemen / bangsa api. Dari hikayat yang ada, Raja Lautan, pernah dikalahkan satu kali dalam hidupnya oleh Nabiyullah Hidir AS, dimasa kejayaan Alexandria Agung. Sebuah kontemplasi yang Misteri lakukan, ternyata Setan Kober, mempunyai tempat tinggal selayaknya manusia pada umumnya, yaitu, di dalam hutan Panji, didaerah perbatasan antara Cibogo, Benda Kerep, dan pemahaman ini pernah juga tersirat dalam bukunya RA, Suladiningrat Kesepuluhan, yang berjudul "Babad Tanah Cirebon". Bercerita tentang rumah Setan Kober, hampir keseluruhan bangunannya terbuat dari tulang belulang binatang dan manusia. Dan dibelakang rumahnya berdiri kokoh satu pendopo yang terbuat dari beraneka tulang macan, kujang, kerbau dan singa. Kesehariannya, beliau lebih banyak menghabiskan waktunya di pendopo untuk mengajarkan beragam ilmu kepada muridnya yang berasal dari beragam golongan dan bila waktu senggang, beliau banyak mengarahkan waktunya untuk menciptakan bilahan keris sakti mandraguna, dan keris buatannya sampai kini masih banyak dimiliki sebagian ahlul bathin.


Seperti halnya gambar keris diatas, keris ini buatan asli tangan Setan Kober, yang beliau berikan pada Pangeran Arya Panangsang, sebelum belaiu terbunuh oleh Jaka Tingkir, dan pada perang gerilya Indonesia, lewat sebuah hawatir akhirnya keris ini diberikan kepada pangeran Diponogoro, dan baru muncul kembali setelah sekian lama menghilang ditahun 2007, kini keris ini masih dilestarikan sebagai sarana derajat dalam pemilihan seorang pemimpin. Di masa raja Jawa, nama Setan Kober, selalu disebut-sebut sebagai orang nomor satu dunia persilatan, beliau kerap menjadi jawara pilih tanding yang banyak dimanfaatkan oleh para raja Jawa sebagai pembunuh bayaran. Bahkan dimasa Brawijaya ke-5, beliau kerap menjadi ahli strategi perang istana Majapahit, dalam mengalahkan ratusan panglima pilihan seluruh kerajaan yang ada di belahan dunia. Baru namanya surut dan akhirnya ngahyang selamanya, akibat perasaan malu setelah beliau dikalahkan oleh jawara sakti pangeran Suto Wijaya Gebang. Bagaimana kisah ini bisa terjadi ? Inilah simakannya.

Dimasa perang antara Majapahit dan Demak Bintiri, yang pada saat itu rajanya bernama Raden Fatah, dengan dibantukan 101 Waliyullah, dibawah komando panglima besar Sunan Kudus. Tujuh belas tahun, dua kerajaan ini pernah terlibat sengit dan 24 kali mereka bertemu dalam peperangan hebat, 18 kali Majapahit menyerang Demak, dan 6 kali Demak balik menyerang Majapahit. Wilayah yang pernah menjadi pertumpahan darah antara Majapahit dan Demak Bintoro, diantaranya, Magelang, Sragen, Banyu Wangi, Kudus, Klaten, Tidar, Madura, Lasem, Purwo Rejo, Yogya, Batang, Semarang dan Surabaya. Dengan strategi yang matang, Setan Kober, yang kala itu menjadi bagian kerajaan Majapahit, mulai menyebar aksinya dibeberapa pelosok desa terpencil dengan cara membunuh satu persatu para jawara Islam yang dianggapnya telah berkomplot dengan kerajaan Demak Bintoro.


Bahkan disamping lainnya Setan Kober, mulai menyusun kekuatan dengan mendatangi dedengkot aliran hitam dipenjuru pelosok desa, diantara nama aliran hitam yang pernah bergabung dengannya, Pangeran Tepak Palimanan, Pangeran Telaga Herang, Pangeran Ucuk Umum Banten, Pangeran Lodaya Indramayu, sebelum masuk Islam, Pangeran Samber Nyawa dari daerah Cuci Manah, Pangeran Kebo Kinabrang dari gunung Tangkuban Perahu, Ki Gede Jalu, dari Brebes, Ki Gede Kapetakan, Ki Gede Lewimunding, Ki Gede Tegal Gubug, sebelum masuk Islam, Ki Gede Purba Lanang, siluman air daerah gunung Tidar Jateng, Ki Janggala Wesi, dari siluman seleman, dan lainnya. Pada perang ke 17, kerajaan Islam Jawa, pernah dikalahkan dengan terbunuhnya beberapa Waliyullah, diantaranya Sunan Udung, Sunan Pajang, Sunan Beling, Sunan Persik, Sunan Odong, Sunan Rohmat, Sunan Qoyyim dan Sunan Menjangan atau Pangeran Sambar Nyawa. Namun dalam sejarah lain menyebutkan, kekalahan Islam pada waktu itu akibat bangsa Waliyullah, tidak semuanya turun ke medan laga dikarenakan mereka sedang berkabung atas wafatnya Sunan Ampel, salah satu WaliSongo, sehingga kala itu para Waliyullah, lebih banyak ta’ziah datang ke daerah Ampel.

Di lain pihak setelah kekalahan Islam mulai menjadi buah bibir dikalangan masyarakat luas, Sunan Gunung Jati, Pangeran WalangSungsang, Sunan KaliJaga, Sunan Kudus dan Sulthan Hasanuddin Banten, mulai merapatkan barisan dengan memilih diantaranya untuk mencari beberapa tokoh aliran hitam. Pada masa itu yang diutus untuk menandingi kesaktian aliran hitam diantaranya, pangeran WalangSungsang atau Mbah Kuwu Cakra Buana, Sunan KaliJaga, pangeran Arya Kemuning, Syeikh Muhyi muda Tasik, Nyaimas Gandasari, Panguragan, Syeikh Suto Wijaya Gebang, pangeran Hasanuddin Banten, Syeikh Sapu Jagat dan Syeikh Magelung Sakti.

Lewat mandat Sunan Gunung Jati, mereka bergerak dengan cara terpisah, dan lewat perjalanan panjang selama tujuh tahun lamanya, mereka akhirnya bisa menaklukkan seluruh bangsa aliran hitam. Namun hal semacam itu bukan berarti mereka mudah menandingi ilmu dedengkot para aliran hitam melainkan butuh perjuangan dan kesiapan matang, sebab dalam menjalankan tugas ini mereka juga pernah dikalahkan sewaktu duel kesaktian bersama dedengkot aliran hitam.

Seperti pangeran Arya Kemuning misalnya, beliau pernah berhadapan dengan dedengkot aliran hitam pangeran Telaga Herang, namun dalam adu kesaktian Arya Kemuning bisa dikalahkan dengan mudah, baru saat perang tanding dengan Syeikh Muhyi muda Tasik, pangeran Telaga Herang, kalah telak dan akhirnya ngahyang sampai sekarang. Juga Nyimas Gandasari, yang kala itu ditugaskan untuk menangkap pangeran Ucuk Umum, beliau kalah dalam adu kesaktian, baru tatkala Mbah Kuwu Cakra Buana, turun ke laga, pangeran Ucuk Umun, bisa dikalahkan dan akhirnya ngahyang selamanya, kisah ini terjadi di pantai Karang Bolong Banten.

Sunan KaliJaga, beliau pernah dikalahkan oleh pangeran Tepak Palimanan, dalam penaklukkan wilayah Cirebon, kekalahan Sunan KaliJaga, akibat campur tangan Prabu Siliwangi, dan baru setelah kedatangan pangeran Arya Kemuning dan Mbah Kuwu Cakra Buana, pangeran Tepak Palimanan, bisa terbunuh dengan kepala terpotong dari raganya, kisah ini terjadi dipuncak bukit Palimanan, yang bernama gunung Tugel. Kembali ke cerita asal, pertempuran antara pangeran Suto Wijaya Gebang, dengan Setan Kober, di daerah hutan Pranji, tidak bisa dihindarkan lagi, kedua musuh bebuyutan ini saling mengerahkan kesaktiannya hingga sampai 40 hari lamanya.

Dalam perkelahian panjang ini akhirnya dimenangkan oleh pangeran Suto Wijaya, sehingga Setan Kober, akhirnya ngahyang dihutan Pranji, selamanya. Kisah terkalahkannya Setan Kober, akhirnya jadi perbincangan orang banyak sehingga Mbah Kuwu Cakra Buana, selaku gurunya sangat khawatir. Pasalnya sejak kejadian itu pangeran Suto Wijaya, diangkat menjadi seorang pemimpin oleh seluruh bangsa gaibiah sehingga Mbah Kuwu Cakra Buana, merasa takut ilmu yang beliau berikan selama ini disalah gunakan oleh murid-muridnya.

Dalam sejarah babad tanah Jawa, ilmu pangeran Suto Wijaya Gebang, satu-satunya Ilmu paling ditakuti oelh seluruh bangsa siluman atau gaibiyah, ilmu yang dimilikinya adalah "Syahadat Majmal" dimana ilmu ini dibacakan maka seluruh gaibiyah yang ada akan mengikuti ucapan kita, bahkan dalam perang tanding melawan Setan Kober, ilmu inilah yang menjadi andalannya hingga Setan Kober sendiri, harus menerima kekalahannya dengan tubuh terbakar. Dalam kisah lain diceritan, setelah satu tahun Setan Kober, dikalahkan, pangeran Suto Wijaya Gebang, bilau akhirnya dipanggil menghadap Mbah Kuwu Cakra Buana, ‘Andika, bagaimanapun  juga dirimu telah menjadi orang yang ditakuti seluruh makhluk tak kasat mata, namun menurutku, jauhkan ilmu itu sehingga antara manusia dengan bangsa gaib ini tetap lestari selamanya, sebab kasian bagi yang lain, dengan adanya ilmu yang andika miliki sekarang, maka seluruh bangsa gaib akan punya batasan tertentu yang menjadikan mereka percaya hanya pada Andika".

Dengan patuh pangeran Suto Wijaya mengiyakannya, tanda beliau setuju dengan ucapan gurunya. Namun lain sifat lain pula kenyataannya. Ya… Benar juga ucapan Mbah Kuwu Cakra Buana, walau pangeran Suto Wijaya, sudah menerima atas mandat gurunya akan tetapi para muridnya yang berasal dari bangsa siluman dan gaib lainnya, hanya tunduk pada majikannya bukan pada orang lain sehingga walau Mbah Kuwu Cakra Buana, adalah gurunya pangeran Suto Wijaya, dengan cara sembunyi tangan akhirnya mereka tidak menerima pengakuan Mbah Kuwu Cakra Buana, dengan cara menyerang seluruh kerathon Pakung Wati Cirebon. Dalam hal ini Mbah Kuwu Cakra Buana, tidak tinggal diam, beliau langsung menghadapinya dengan pusaka "Golok Cawang" dan akhirnya seluruh bangsa gaib bisa dikalahkan dengan mudah.

Dengan kejadian ini Mbah Kuwu Cakra Buana, akhirnya menciptakan satu ilmu tandingan yaitu, Qutho Qosot, yang bertajuk: "Syetan, jin, perkayang, dedemit, lelembut dan lainnya akan tunduk atas namaku" dan sebelum kisah ini berakhir ada baiknya kita semua tahu bahwa, walau Setan Kober, telah ngahyang selamanya, namun beliau telah mempunyai satu putra sebagai generasi penerusnya yaitu "Banaspati" yang kini masih menjadi prokontra kalayak ahli bathin.

Sumber : Idris Nawawi (Misteri)

Legenda Naga


Naga sebagai mahluk yang mempunyai karma baik dan telah mencapai pembinaan kehidupan spiritual tahap tertentu, karena mereka telah melatih pembinaan spiritual yang sangat lama. Pencapaian spiritual yang lama ini menjadikan kaum naga memperoleh berkah dan kedudukan yang terhormat.


Pencapaian dan karma baik yang dimiliki kaum naga, menjadikan banyak naga yang mendapatkan kesempatan untuk mengabdikan dirinya secara langsung sebagai pendamping dan pelindung Buddha, Bhodisatva, dan para mahluk suci lainnya. Sering kita melihat gambar Bodhisatva Kwan-Im sedang berdiri diatas naga yang mengantarkan kemana Sang Dewi pergi.

Kaum naga memiliki berbagai macam ras yang berbeda-beda, dan setiap ras terbagi dalam dua gender yaitu lelaki dan wanita. Dimana naga lelaki mempunyai tanduk yang membesar dibagian atasnya, tetapi naga wanita mempunyai tanduk yang lebih ramping dan kadang mengecil dibagian atasnya.

Selain itu naga lelaki mempunyai janggut yang berkilauan seperti mutiara di dagu dan pada lehernya. Dan naga wanita akan tampak berbeda pada bentuk hidungnya, yang lebih lurus. Dagu dan lehernya tidak memiliki janggut.

Perlambangan energi naga pada Fung-Shui diakui energinya sebagai salah satu pelindung di sebelah kiri dan pembawa energi keberuntungan dengan perlambangan warna hijau atau biru. Sedangkan di sebelah kanan di lambangkan dengan energi macan. Penyatuan kedua energi yang saling melengkapi dapat membentuk suatu energi chi yang baik.

Pada aliran Fung-Shui yang melambangkan arah angin dan musim, dikenal dengan istilah Naga Biru. Yang berarti naga timur dan merupakan perlambangan dari musim spring, dan awal tahun. Macan putih yang berarti macan barat dan merupakan perlambangan arah barat.

Naga merupakan salah satu dari mahluk alam lain yang sangat unik dalam memilih lokasi. Mereka tidak akan sembarang, bahkan dapat dibilang benar-benar sangat berhati-hati dalam menilai dan memperhitungkan lokasi tempat kediamannya. Sehingga tempat dan lokasi yang disukai oleh kaum naga, biasanya akan memiliki energi chi yang sangat tinggi dan baik.

Kelebihan dari kaum naga ini, yang menjadikan kaum naga dikenal memiliki banyak energi berkah dan rejeki yang berlimpah dibandingkan mahluk lainnya. Sehingga beberapa Master Fung Shui yang dapat mengetahui keberadaan naga, akan mempertimbangkannya sebagai suatu kelebihan yang sangat positif.

Inilah beberapa contoh tempat yang lebih disukai oleh kaum naga:
Pertama, tempat dimana terdapat pohon yang pernah disambar petir dan terbakar. Kedua, di laut pada bagian tengah teluk, biasanya ditandai dengan motif ombak yang seperti sisik naga. Ketiga, di dekat pinggir pantai yang terdapat banyak batu karang yang menonjol di permukaan laut. Keempat, di danau yang tenang dan bersih di gunung ataupun di kaki gunung. Kelima, di dalam gua, dimana sering muncul pelangi di atas atau dari dalam mulut gua.

Karena pada umumnya tempat yang disukai Naga sangat erat hubungannya dengan elemen air. Maka naga banyak dihubungi dengan dewa hujan dan batara indra, dewa halilintar (li-kong). Hal ini erat hubungannya dengan cara fung-shui yang mempergunakan unsur air sebagai pembawa energi berkah dan kekayaan.

Untuk menjadi naga diperlukan pembinaan yang tidak mudah, dan waktu yang sangat lama. Salah satu jenis naga berasal dari ular air. Ular air bilamana telah bermeditasi selama 500 hingga 1000 tahun, akan berubah menjadi Ular-Ikan ( ½ Ular ½ Ikan) dimana kepalanya masih berupa ular, tetapi tubuhnya mulai membesar sedikit dan sisiknya membesar seperti ikan, juga ekornya mulai berupa ekor ikan.

Ular-Ikan ini bila melanjutkan meditasinya selama 500 tahun hingga 1000 tahun, maka akan berubah menjadi Ikan-Naga ( ½ Ikan ½ Naga ). Ikan-Naga mempunyai tubuh dan ekor seperti ikan, tetapi kepalanya membesar dan telah menyerupai kepala naga. Pada tahap ini ada juga yang telah menampakkan tanduk kecil di atas kepalanya.

Di Indonesia, Ikan-Naga ini banyak dijumpai di daerah pantai selatan pulau jawa dan bali, karena berkah yang dimiliki Ikan-Naga ini maka banyak penduduk setempat menghormati Ikan-Naga agar dapat diberikan hasil ikan yang berlimpah dan bebas dari wabah penyakit menular.

Ikan-Naga juga mempunyai unsur air yang sangat kuat, sehingga oleh masyarakat jawa di masa lampau banyak diundang sebagai energi yang dapat mencegah terjadinya kebakaran terlebih-lebih dimusim kemarau yang panjang.

Ikan-Naga yang melanjutkan meditasi selama 500 tahun hingga 1000 tahun, akan berubah menjadi Naga Tanpa Tanduk. Seluruh tubuhnya sempurna menjadi naga, dengan warna yang menyerupai biru kehijauan. Walaupun ada juga yang telah mempunyai tanduk, tetapi tanduk dikepalanya masih sangat kecil sekali.

Naga tanpa tanduk ini banyak di jumpai dalam hiasan kerajaan-kerajaan di tanah jawa pada masa lampau. Dimana energi yang terpancar dari naga tanpa tanduk dapat menambah pamor dan wibawa dari tempat yang di diaminya.

Naga Tanpa Tanduk akan menjadi Naga Bertanduk bilamana dapat bermeditasi selama 500 tahun hingga 1000 tahun lagi.
Naga Bertanduk mempunyai tanduk besar yang sempurna, dan ditumbuhi janggut panjang yang berkemilauan seperti pearl. Naga Bertanduk pada tingkat ini sebagian telah dapat terbang di angkasa tetapi kemampuan jangkauannya masih terbatas.

Dibutuhkan meditasi sedikitnya 1000 tahun untuk mencapai Naga Emas yang sempurna, tubuhnya dapat berubah warna seperti: cahaya emas, ataupun warna matahari. Naga Emas dapat terbang kesegala penjuru alam, walaupun tampaknya tidak mempunyai sayap. Adapula jenis naga lainnya yang tampak memiliki sayap di badannya.


Tidak banyak naga yang dapat mencapai tingkat Naga Emas. Salah satunya dapat kita lihat sebagai pengikut Bunda Mulia yang mengabdikan dirinya pada Bunda Mulia dan mendapat tugas untuk memegang dan menjaga Pusaka Stempel Perintah Bunda Mulia. Selain itu banyak pula naga-naga lainnya yang mengabdikan dirinya untuk menjaga dan menjunjung tinggi perintah Bunda Mulia.

Salah satu kursi tahta Bunda Mulia merupakan jelmaan dari 12 naga, dan jubah dan tongkat Kebesaran Bunda Mulia juga merupakan jelmaan dari naga-naga emas. Pada saat Bunda Mulia menampakkan dirinya di gunung Kun-Lun, 12 naga menjelma sebagai alas duduk Teratai Emas Bunda Mulia. Pada bagian atas Teratai emas Bunda Mulia tampak sinar putih bagaikan cahaya matahari dan sinar emas bagaikan cahaya rembulan. Cahaya ini merupakan sinar dari tubuh dan janggut naga yang menjelma sebagai Teratai Emas.

Masih banyak lagi kisah naga yang mengabdikan dirinya pada Bunda Mulia, Bodhisatva, pewaris ajaran dan murid Bunda Mulia. Hasil meditasi dan karma baik dari kaum naga, menjadikan kaum naga memiliki berkah dan energi rejeki yang luar biasa banyaknya. Hal ini membuat kaum naga banyak di hormati dan di berikan persembahan oleh manusia. Semua ini bertujuan, agar kiranya sang naga sudi melimpahkan berkah keberuntungan yang dimilikinya.

Kaum naga juga dapat mengerti bahasa burung dan binatang lainnya. Dimana ada suatu cerita legenda yang menjelaskan bilamana seseorang memakan hati naga, dia dapat mengerti bahasa binatang. Kepercayaan ini tidak hanya dipercayai oleh masyarakat China terdahulu, tetapi juga di indonesia. Cerita tentang hati naga yang menjadikan seseorang mengerti bahasa binatang juga dipercayai oleh penganut kepercayaan jawa kuno di Indonesia.

Kisah ini mungkin telah menjadi legenda di tanah jawa, kisah hati naga dapat dilihat pada cerita Aji Saka. Aji Saka merupakan orang pertama yang menginjak tanah jawa dan sebagai nenek moyang manusia di tanah jawa.

(dikutip dari buku "Kisah-Kasih Spiritual -  Wisnu Prakasa")